Penelitian Mahasiswa; Apa yang ada dibenak Anda ketika mendengar kata Pancasila?

aksi massaBerdasarkan hasil survey dari sebanyak 137 mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi di Yogyakarta pada Februari 2015, ketika di tanya: Apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata Pancasila?

Survey tersebut menunjukkan bahwa 99% menyebutkan Pancasila sebagai dasar negara dan lainnya 1% menyebutkan sebagai ideologi negara Indonesia yang mendasari perilaku kehidupan berbangsa dan bernegara. Akhir-akhir ini Pancasila banyak diperbincangkan dan diperdebatkan di kalangan elit intelektual Negara kita, persoalan tafsir dan pemahaman Pancasila yang beragam di kalangan para elit politik, anggota DPR, anggota DPD, dan pemerintah telah membawa dan membentuk kesan terkait Pancasila semakin menjadi hanya sekedar konsumsi elit politik semata-mata.

Kegagalan negara dalam melakukan pembudayaan Pancasila di level pemerintah, aktor politik, dan masyarakat telah membawa dampak pada munculnya berbagai bentuk gerakan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila seperti munculnya ormas yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, terbentuknya berbagai partai politik yang tidak menggunakan asas Pancasila sebagai basis nilai partai tersebut.

Mahasiswa sebagai agen perubahan dan kreator negara Indonesia masa depan, perlu mendapatkan pendidikan dan penanaman jati diri bangsa yang benar. Survey tersebut menjadi potret bagaimana generasi muda masih tetap menjadikan Pancasila sebagai dasar falsafah negara dan melihat Pancasila sebagai basis ideologi pemersatu bangsa.

Tidak ada indikasi yang menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila adalah buruk dan warisan rezim yang otoritatif sebagaimana yang disuarakan oleh para elit dan penggerak reformasi yang keblablasan. Pemahaman yang keliru terhadap produk sejarah dan interpretasi politik menjadikan Pancasila semakin terpinggirkan di negeri ini.

(Kajian: Tim Sinergi Bangsa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.